HSI S01.H12 Termasuk Syirik Besar Berdoa Kepada Selain Allah

Halaqah yang ke 12 berdoa kepada selain Allah adalah syirik besar.

Berdo’a kepada Allah adalah seseorang menghadap Allah dengan maksud supaya Allah Subhaanahu wa Ta’aala mewujudkan keinginannya, baik dengan meminta atau dengan merendahkan diri, mengharap dan takut kepada Allah Subhaanahu wa Ta’aala.

Berdo’a dengan makna di atas adalah ibadah.

Berkata An-Nu’man Ibnu Basyirin radhiallohu ‘anhu: Aku mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Doa adalah ibadah”, dan beliau saw membaca ayat

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabb kalian berkata “Berdo’alah kalian kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkan kalian. Sesungguh-Nya orang-orang yang sombong dari beribadah kepadaKu, mereka akan masuk ke dalam neraka jahannam dalam keadaan terhina (HR Abu Daud, Tirmidzi, dan juga Nasa’i serta Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albâni rahimahullah)

Dan makna : beribadah kepadaKu adalah berdoa kepadaKu. ApaBila do’a adalah ibadah yang merupakan hak Allah Subhaanahu wa Ta’aala semata, maka berdo’a kepada selain Allah dengan merendahkan diri di hadapannya, mengharap dan juga takut kepadanya sebagaimana ketika dia mengharap dan takut kepada Allah adalah termasuk syirik besar.

Dan termasuk jenis do’a adalah

  • Istighosah, yaitu meminta dilepaskan dari kesusahan
  • Istiadzah, yaitu meminta perlindungan
  • Isti’anah, meminta pertolongan

Apabila didalamnya ada perendahan diri, pengharapan dan takut maka ini adalah ibadah hanya diserahkan kepada Allah Subhaanahu wa Ta’aala semata.

Dan perlu kita ketahui bahwasanya boleh seseorang beristighosah, beristiadzah, beristi’anah kepada seorang makhluk dengan 4 syarat:

  1. Makhluk tersebut masih hidup
  2. Dia berada di depan kita atau bisa mendengar ucapan kita
  3. Dia mampu sebagai makhluk untuk melakukannya
  4. Tidak boleh seseorang bertawakal kepada sebab tersebut, akan tetapi bertawakal kepada Allah Subhaanahu wa Ta’aala yang menciptakan sebab.

Orang yang beristighosah, beristiadzah atau beristi’anah kepada orang yang sudah mati atau kepada orang yang masih hidup akan tetapi tidak berada di depan kita atau tidak mendengar ucapan kita atau meminta makhluk perkara yang tidak mungkin melakukannya kecuali Allah, maka ini termasuk syirik besar.

Klik tombol “Download” di bawah ini untuk mendapatkan audio materi

download

Disclaimer :

  • Audio adalah milik HSI Abdullah Roy, mohon tidak mengedit audio tersebut tanpa ijin dari HSI Abdullah Roy
  • Website resmi HSI Abdullah Roy : http://www.abdullahroy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *